test 404

Teknik Pemberian Pakan Pada Ikan Lele

By:
No Comments

Dimana Jual bibit lele di Palembang yang berkualitas dan murah? Sebelumya ketahui proses pemberian pakan menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan untuk membuat ikan lele cepat besar dan berdaging. Namun sayangnya banyak peternak ikan lele yang menyampingkan proses tersebut dengan berbagai hal lainya. Proses pemberian pakan ini juga harus dipertimbangkan secara matang karena dalam proses ini akan memakan banyak biaya. Oleh karenanya, dalam hal ini kami akan membahas tentang cara pemberian pakan yang baik dalam budidaya bibit lele menjadi lele siap konsumsi.

Pemberian Pakan Dalam Budidaya Bibit Ikan Lele

Mengingat proses ini akan memakan banyak biaya, anda perlu menerapkan pemberian pakan utama dan pakan tambahan secara imbang. Bahkan untuk lebih menghemat biaya, anda bisa membuat sendiri pakan alternatif sehingga lebih meminimalisir pengeluaran.

  1. Pemberian pakan utama

Karena lele merupakan ikan karnivora, maka jenis pakan yang diberikan harus mengandung protein hewani. Saat ini banyak yang menjual berbagai jenis pelet lengkap dengan kandungan didalamnya sehingga anda hanya perlu memilih sesuai dengan keinginan. Untuk jadwal pemberian makan, anda  bisa menyesuaikan dengan nafsu makan ikan yang biasanya memiliki frekuensi 4-5 kali sehari. Cara ini biasa dilakukan oleh peternak yang jual bibit lele di Palembang.

Jika anda melakukan pembibitan ikan lele, pemberian pakan harus lebih sering dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan ikan itu sendiri. Perlu anda ketahui pula bahwa ikan ini merupakan hewan nokturnal yang aktif pada malam hari. Dengan begitu,  anda perlu mempertimbangkan pemberian pakan lebih pada waktu sore dan malam hari. Anda juga harus jeli dalam memberikan pakan dengan melihat apakah ikan agresif terhadap makanan yang diberikan ataupun terlihat malas.

  1. Memberikan pakan tambahan

Selain mengandalkan nutrisi dari pakan utama, anda juga bisa memberikan tambahan makanan untuk lebih menghemat pengeluaran. Makanan tambahan bisa dilakukan dengan memberikan cacahan ikan atau membuat belatung dari campuran ampas tahu. Selain itu anda juga bisa menggunakan keong mas dan limbah ayam yang sudah diproses terlebih dahulu.

Pengolahan tersebut dapat dilakukan dengan melakukan perebusan dan memisahkan keong dari cangkangnya kemudian dicincang. Untuk limbah ayam, anda bisa melakukan pembersihan bulu-bulu sebelum diumpankan pada lele. Perlu anda ketahui pula bahwa ikan lele merupakan hewan kanibal sehingga jika anda telat memberikan makan, mereka akan saling memangsa satu sama lain sehiangga akan merugikan bagi anda.

Nah kedua hal tersebut adalah cara memberikan pakan yang sering digunakan peternak ikan lele. Jika anda tertarik dengan budidaya lele, Kami merupakan salah satu agen yang men jual bibit lele di palembang dengan bibit ikan yang  berkualitas. Setelah mendapatkan bibit yang berkualitas, anda bsia membudidayakanya dengan cara yang baik melalui teknik pemberian pakan yang baik pula